Pameran Visual Forms of Fast Fashion Karya Helena Hoskova di ISI Surakarta

isi-surakarta-Pameran-Visual-Forms-of-Fast-Fashion-Karya-Helena-Hoskova- di-ISI-Surakarta

Helena Hoskova, M.A merupakan kandidat Phd dari Jurusan Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain Univ. J.E Purkyne, Czech. Saat ini  sedang melakukan penelitian mengenai isu fast fashion di Solo dan Yogyakarta. Penelitian tersebut didukung oleh Kemristekdikti dengan institusi penerima ISI Surakarta. Helena Hoskova menyelenggarakan Pameran Visual Forms of Fast Fashion #FASTFASHION di ISI Surakarta pada tanggal 10-11 Januari 2018 di Galeri Kagoenan Gd. 6 Lt. 3 Jurusan Seni Rupa Murni, FSRD ISI Surakarta.

Istilah fast fashion sudah dikenal sejak beberapa dekade. Pada awalnya istilah fast fashion mempunyai arti yang berhubungan dengan usaha untuk memaksimalkan profit dan meminimalkan biaya produksi. Contoh merk-merk terkenal yang berhubungan dengan fast fashion antara lain : H&M, ZARA, Peacock, dll. Saat ini istilah fast fashion banyak dihubungkan dengan hal-hal negatif. Produksi fast fashion banyak dialihkan ke negara berkembang (Bangladesh, Myanmar, India, Indonesia). Dengan tujuan untuk meminimalkan biaya produksi karena upah buruh yang rendah, tidak adanya regulasi tentang kesehatan dan dampak lingkungan hidup. Fast fashion juga menjadi penyumbang kedua terbesar polusi lingkungan hidup di dunia.

Pameran ini merupakan refleksi dari penelitian yang dilakukan oleh Helena Hoskova selama 4 bulan di Solo dan Yogyakarta. Karya yang akan dipamerkan berupa instalasi-mixed media dan video.Karya pertama berupa instalasi berjudul “Navy Blue Water”, karya kedua instalasi berjudul “Tags”, dan video berjudul “Fast Identity”. Karya-karya tersebut merefleksikan topik yang berhubungan dengan isu fast fashion antara lain dampak lingkungan hidup, tidak adanya perhatian dan kepedulian  konsumen atau pengguna fashion terhadap kondisi buruh yang bekerja di industri konveksi dan pabrik garmen, serta tidak adanya sistem yang menjamin transparansi dari proses produksi fashion serta tentang identitas kita yang berubah dengan cepat seiring bergantinya trend fashion.