Pelaksanaan UTBK Di Pusat UTBK 354 ISI Surakarta Dengan Protokol Covid-19

isi-surakarta-Pelaksanaan-UTBK-Di-Pusat-UTBK-354-ISI-Surakarta-Dengan-Protokol-Covid-19-1

Pelaksanaan UTBK pada kondisi normal baru (new normal) di Pusat UTBK 354 ISI Surakarta terlaksana dengan mengutamakan kesehatan dan keselamatan semua komponen yang terlibat menerapkan standar protokol kesehatan secara ketat. Kesiapan pelaksanaan UTBK di masa pandemi Covid-19 ini mulai terlihat dari pintu utama masuk lokasi Kampus Mojosongo, Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Surakarta, para peserta dan pengantar sudah disambut oleh satuan petugas keamanan yang akan memandu jalan menuju lokasi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sesuai ruangan peserta. Setelah melalui tahap pemeriksaan pengukuran suhu dengan thermogun, semua peserta diwajibkan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau handsanitizer yang telah disediakan panitia sebelum masuk ke ruang transit yang luas dan nyaman di lantai dasar Gedung Perpustakaan untuk mendapatkan pengarahan terkait Pelaksanaan UTBK.

Panitia selalu siap siaga untuk membantu dan melayani kebutuhan peserta, mengingatkan untuk selalu menjaga jarak, menyediakan fasilitas kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Melakukan penyemprotan disinfektan dilokasi yang akan digunakan, sterilisisasi alat yang akan digunakan peserta dan panitia, washtafel, handsanitizer, klinik kesehatan, ambulance, dan Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker, face shield dan sarung tangan bagi seluruh pengawas dan panitia penyelenggara. Ini semua dilakukan sesuai arahan tim gugus covid daerah agar tidak muncul cluster baru covid-19. Pelaksanaan UTBK juga dipantau langsung oleh dr. Setyowati Rahardjo, Sp.KJ., M.Kes. yang hadir memberikan arahan untuk panitia pelaksana sebelum sesi pertama dimulai.

Rektor ISI Surakarta Dr. Drs. Guntur, M. Hum. memantau langsung pelaksanaan UTBK yang dipimpin oleh Wakil Rektor I Dr. I Nyoman Sukerna, S. Kar., M. Hum,. di Kampus Mojosongo Gedung 4 dan 5 Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Surakarta UNS dimulai pada hari Minggu 5 Juli 2020 dengan rata-rata kehadiran peserta diatas 95 persen, beberapa peserta yang tidak bisa hadir mengikuti UTBK ini diidentifikasi kerena melakukan pengajuan relokasi, tidak melakukan cetak ulang kartu ujian terbaru, dan memiliki suhu tubuh diatas 37.5 derajat saat tiba di lokasi ujian sehingga diwajibkan untuk melakukan swab test terlebih dahulu. peserta yang menghadapi situasi force majeur sehingga tidak dapat mengikuti UTBK gelombang I dan II wajib lapor kepada Pusat UTBK ISI Surakarta dengan menyertakan bukti, apabila terverifikasi dapat mengikuti UTBK Tahap Cadangan tanggal 30 Juli – 2 Agustus 2020. Beberapa catatan ini hendaknya menjadi perhatian peserta agar selalu mengikuti perkembangan informasi dan menjaga kesehatan sebelum hari pelaksanaan ujian.

LTMPT mengubah skema pelaksanaan UTBK yang pelaksanaanya Tahap I tanggal 5 sampai 14 Juli 2020 dari 4 sesi per hari menjadi 2 sesi terkait situasi pandemi Covid-19. Sesi 1 (pertama) berlangsung pada pukul 09.00-11.15 Waktu setempat. Sesi 2 (kedua) berlangsung pada pukul 14.00-16.15 Waktu setempat dan ada jeda waktu cukup lama di antara kedua sesi tersebut, yaitu 2 jam 45 menit digunakan untuk pelaksanaan protokol kesehatan seperti mensterilkan ruangan dan alat yang digunakan. Sebanyak 157 Peserta hadir melaksanakan UTBK untuk nomor ganjil Sesi I dari 167 yang terdaftar dan pada sesi III sebanyak dan 157 peserta hadir dari 167 yang terdaftar. Pada sesi V sebanyak dan 157 peserta hadir dari 167 yang terdaftar. Dan pada sesi VII sebanyak dan 160 peserta hadir dari 167 yang terdaftar. Dan pada sesi IX sebanyak dan 162 peserta hadir dari 165 yang terdaftar. Setiap sesi dibagi dalam 6 ruang, 3 Lab. Komputer, 1 Lab. Multimedia, dan 2 Lab. Penyuntingan Digital. Di Gedung 4 dan 5. [humasisiska]

isi-surakarta-Pelaksanaan-UTBK-Di-Pusat-UTBK-354-ISI-Surakarta-Dengan-Protokol-Covid-19-2

isi-surakarta-Pelaksanaan-UTBK-Di-Pusat-UTBK-354-ISI-Surakarta-Dengan-Protokol-Covid-19-3 isi-surakarta-Pelaksanaan-UTBK-Di-Pusat-UTBK-354-ISI-Surakarta-Dengan-Protokol-Covid-19-4 isi-surakarta-Pelaksanaan-UTBK-Di-Pusat-UTBK-354-ISI-Surakarta-Dengan-Protokol-Covid-19-5 isi-surakarta-Pelaksanaan-UTBK-Di-Pusat-UTBK-354-ISI-Surakarta-Dengan-Protokol-Covid-19-7 isi-surakarta-Pelaksanaan-UTBK-Di-Pusat-UTBK-354-ISI-Surakarta-Dengan-Protokol-Covid-19-8 isi-surakarta-Pelaksanaan-UTBK-Di-Pusat-UTBK-354-ISI-Surakarta-Dengan-Protokol-Covid-19-9