Pelatihan Penulisan Perpustakaan, Menulis Berbasis Riset

isi-surakarta-pelatihan-penulisan-perpustakaan-menulis-berbasis-riset-(3)

Dalam rangka untuk meningkatkan kompetensi menulis, UPT. Perpustakaan ISI Surakarta menyelenggarakan Pelatihan Penulisan Perpustakaan, Menulis Berbasis Riset dengan tema “Gerakan Menumbuhkan Minat Baca”. Kegiatan tersebut dilaksankan pada tanggal 17-18 Mei 2016  di Ruang Seminar ISI Surakarta pukul 08.00 – 16.00 WIB dengan narasumber berasal dari pustakawan dan jurnalis yang kompeten dibidangnya yakni Wiji Suwarno, S. Pdi, S.IPI, M. Hum (Kepala UPT. Perpustakaan IAIN Salatiga) dan Ichwan Prasetyo (Jurnalis Solopos).

Menulis merupakan kompetensi penting bagi beragam profesi. Tak terkecuali bagi pustakawan, dosen, guru,dsb. Merujuk butir-butir kegiatan jabatan fungsional pustakawan. Kita menemukan berbagai kegiatan berikut ini : menyusun rencana kerja, menyusun materi publisitas, membuat abstrak, menyusun literatur sekunder, melakukan analisis karya keperpustakawanan, sampai dengan pengembangan profesi berupa membuat karya tulis ilmiah. Semua kegiatan tersebut memerlukan kemampuan menulis agar tugas yang diemban pustakawan tersebut dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

Maka siapapun yang setia akan profesinya entah ituh pustakawan, dosen, guru dituntut untuk meningkatkan kemampuan menulis secara berkelanjutan. Kemampuan menulis ini dapat diperoleh melalui beragam cara, salah satunya adalah pelatihan menulis. Kali imi, berupa pelatihan menulis berbasis riset. Dengan memakai cara kerja jurnalistik (5W + 1H) untuk mengumpulkan data penelitian. Pola pelatihan memadukan teori 40% dan praktek 60% dengan volume pelatihan setara 10 jam latihan. Peserta adalah pustakawan, pengelola perpustakaan, dan pemerhati perpustakaan dengan jumlah peserta sebanyak 50 orang.

Prof. Dr. Sri Rochana W, S. Kar., M.Hum selaku Rektor ISI Surakarta sekaligus membuka kegiatan Pelatihan Penulisan Perpustakaan, Menulis Berbasis Riset mengatakan, “karena menulis adalah kewajiban setiap orang untuk senantiasa meningkatkan diri menjadi lebih baik dan dengan adanya pelatihan menulis berbasis riset ini bisa dimanfaatkan untuk belajar bersama dan berbagi bersama serta berbagi pengalaman”.