Pelatihan Penulisan Proposal PKM ISI Surakarta

isi-surakarta-Pelatihan Penulisan Proposal PKM ISI Surakarta-2015-4

Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta telah menggelar Pelatihan Penulisan Proposal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) bagi Dosen. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Kamis, 19 November 2015 pukul 09.00 WIB di Ruang Selasar Pendapa ISI Surakarta. Kegiatan ini juga diatur bersama antara Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi, bersamaInstitutSeni Indonesia Surakarta.

Program Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan kaji tindak atau penerapan dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya(IPTEKS), yang dihasilkan oleh dosen dalam bentuk pendidikan, pelatihan, dan pelayanan masyarakat. Sasarannya adalah masyarakat luas, baik perorangan, kelompok, komunitas maupun lembaga di perkotaan atau pedesaan. Dengan demikian, kegiatan program penerapan ipteks dalam perkembangannya secara jelas diutamakan guna membuka peluang para dosen untuk menentukan indikator kinerja yang bersifat problem solving, komprehensif, bermakna, tuntas, dan berkelanjutan (sustainable).

Untuk mencapai program PPM yang berkualitas,pasti didasari dengan persiapan yang baik, mulai dari penyusunan proposal, proses seleksi secara transparansi dan akuntabel, penetapan prioritas, pelaksanaan, sampai pada monitoring dan evaluasi. Dengan semangat otonomi dan desentralisasi, maka sangat perluadanya peningkatan kemampuan para dosen di perguruan tinggi dalam mengelola proses kegiatan pengabdian kepada masyarakat, baik secara manajerial maupun operasional.

Para dosen di beberapa perguruan tinggi, masih terdapat kendala dalam  meraih kegiatan PPM yang baik. Diantara kendala dimaksud antara lain; keterbatasan dosen dalam memperoleh informasi terkait kebijakan bidang PPM, masih kurangnya dosen dalam menyusun proposal PPM, serta masih kurangnya dosen dalam  melakukan kerjasamadengan perguruan tinggi lain.  Oleh karenanya perlu adanya usaha-usaha meningkatkan kapasitas dan  keahlian bagi dosen-dosen di perguruan tinggi, khususnya di wilayah Surakarta agar mampu meraih kompetisi tingkat nasional tiap tahunnya. Program ini sekaligus dalam rangka memberikan keahlian bagi dosen yang kurang penguasaan ilmu dan keahlian dalam menyusun proposal bidang pengabdian kepada masyarakat, sehingga dapat memperkecil disparitas bidang pengabdian kepada masyarakat di lingkungan perguruantinggi.

Manfaat kegiatan pelatihan ini adalah Tersebarnya informasi tentang kebijakan di bidang pengabdian kepada masyarakat yang telah dikembangkan oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Kemenristekdikti, Meningkatkan pengetahuan, ketrampilan serta kemampuan dosen dalam menyiapkan proposal pengabdian kepada masyarakat, Menumbuhkan admosfir budaya untuk melaksakan pengabdian masyarakat di perguruan tinggi, Melahirkan komitmen yang kuat di kalangan sivitas akademika dalam mengembangkan program pengabdian kepada masyarakat secara terarah dan terpadu.

Narasumber kegiatan pelatihan adalah reviewer pusat yang ditugaskan oleh Direktur Riset dan Pengabdian  kepada masyarakat.  Dan Pemateri  Pelatihan Penulisan Proposal Pengabdian Kepada Masyarakat, dari DRPM  adalah Bapak Dr. Tendy Y Rahmandin S.Des., M.T (Artch) Asst Profesor, dan bapak Dr. Ir. I Ketut Sardiana, M.Si. Sedangkan pakar pelatihan adalah bapak  Hasan Soleh dari DRPM Jakarta. Peserta kegiatan pelatihan diikuti oleh dosen ISI Surakarta, dan dari perguruan tinggi di wilayah Surakarta yang memiliki NIDN sejumlah 50 peserta, dan yang belum pernah mengikuti kegiatan sejenis serta harus memiliki proposal pengabdian kepada masyarakat. (news by admin 20/11/15)

isi-surakarta-Pelatihan Penulisan Proposal PKM ISI Surakarta-2015-1

Rektor ISI Surakarta menghadiri kegiatan Pelatihan Penulisan Proposal

PKM ISI Surakarta. (foto: heru)

isi-surakarta-Pelatihan Penulisan Proposal PKM ISI Surakarta-2015-2

Pelatihan Penulisan Proposal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)

bagi Dosen di ISI Surakarta. (foto: heru)

isi-surakarta-Pelatihan Penulisan Proposal PKM ISI Surakarta-2015-3

Peserta kegiatan pelatihan diikuti oleh dosen ISI Surakarta, dan

dari perguruan tinggi di wilayah Surakarta. (foto: heru)