Pemutaran Film “Darah dan Doa” karya maestro Usmar Ismail

isi-surakarta-Pemutaran-Film-Darah-dan-Doa-karya-maestro-Usmar-Ismail-2

Pemutaran dan Diskusi Film “Darah dan Doa” hasil Restorasi Pusbang Film Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan oleh program studi Televisi dan Film jurusan Seni Media Rekam FSRD ISI Surakarta, Kemendikbud di Studio Lokananta, Solo, Senin (25/11/2019). “Darah dan Doa” merupakan salah satu film yang direstorasi dan merupakan film pertama yang diakui secara resmi oleh negara dan sebagai penanda Hari Film Nasional. Ratusan penonton dan peserta diskusi yang hadir terdiri dari siswa SMA dan SMK di Solo, Komunitas Film di Solo, mahasiswa fotografi, film dan televisi.

Narasumber Lisabona Rahman (Restorator), pegiat film Indonesia, meyampaikan “Beruntung ada beberapa film lawas mulai direstorasi kembali jadi bisa dilihat dengan baik, karena sebagian besar film lawas sudah rusak,” Film lawas “Darah dan Doa “ karya maestro Usmar Ismail merupakan salah satu film yang direstorasi. Diketahui sejarah perfilman Indonesia dimulai sejak tanggal 30 Maret 1950 yaitu ketika dimulainya pengambilan gambar hari pertama film Darah dan Doa (Long March).

“Kita ajak pecinta film dan sineas muda memahami film yang sarat dengan nilai-nilai sejarah, sehingga mampu memberi ruang reflektif baik kepada masyarakat umum sebagai ruang pengabdian kepada masyarakat juga kepada akademik sebagai ruang pengembangkan keilmuan perfilman,” ungkap Aty Susanti, Analis Film Indonesia dari Kemendikbud.

Sementara Ketua Jurusan Seni Media rekam ISI Surakarta Sri Wastiwi Setyowati mengatakan kegiatan pemutaran dan diskusi film ini merupakan kali ketiga selama tahun 2019. Sebelumnya pada bulan April lalu diputar juga retsorasi film Pagar Kawat Berduri dan pada bulan Agustus film Bintang Ketjil dan tanggal 25 Nopember ini untuk film Darah dan Doa. diharapkan dengan pemutaran film ini, dapat memberi kontribusi pengetahuan bagi masyarakat mengenai upaya perawatan kesejarahan perfilman Indonesia melalui upaya restorasi film. [humasisiska]

isi-surakarta-Pemutaran-Film-Darah-dan-Doa-karya-maestro-Usmar-Ismail-1 isi-surakarta-Pemutaran-Film-Darah-dan-Doa-karya-maestro-Usmar-Ismail-3 isi-surakarta-Pemutaran-Film-Darah-dan-Doa-karya-maestro-Usmar-Ismail-4