Pendampingan Drafting Desain Industri dan Merek

isi-surakarta-PENDAMPINGAN-DRAFTING-DESAIN-INDUSTRI-DAN-MEREK-3

Dalam sambutannya Rektor ISI Surakarta Dr. Guntur menyampaikan bahwa pendampingan ini strategis, banyak sekali hasil penelitian kita yang punya nilai strategis. beberapa contoh karya yg belum terdaftar seperti Organologi Bambu karya Iwan Budi S, dan karya Koreografi aku Bisa Karya Jonet Sri Kuncoro dalam Ketubuhan Kaum Difabel Tunarungu. Harapannya setelah ikut seminar ini akan ada follow-up pendataan desain dan karya untuk dipatenkan dan juga para dosen bisa lebih produktif dalam membuat karya.

Digelar di Ruang Seminar Pasca sajana pada hari kamis 26 September 2019 ini menghadirkan narasumber Andi Mardani, S,Sn M.Ikom DJHKI Kemenkumham Republik Indonesia dan Eko Budi Santoso sebagai seorang Konsultan Paten dan Kekayaan Intelektual yang kesibukannya sehari hari mengelola PT. Paten Online Indonesia.

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham membuka peluang perancang inovasi memberikan perlindungan hukum kepada suatu karyanya atau hak paten inovasi. Sayang, itu masih didominasi universitas dan litbang. Padahal, hak paten inovasi itu memiliki posisi penting untuk menjamin kepastian hukum dari inovasi-inovasi yang baru. Secara substantif, pengertian HKI dapat dideskripsikan sebagai hakatas kekayaan yang timbul atau lahir dari kemampuan intelektual manusia.

Penggambaran ini memberikan penjelasan bahwa HKI memang menjadikan karya-karya yang timbul atau lahir dari kemampuan manusia sebagai inti dan objek pengaturannya. Ditegaskan bahwa HKI itu harus mengandung dua hal, yaitu berasal dari kreatifitas intelektual manusia, dan kreasi tersebut memiliki bentuk nyata, bukan hanya sekedar ide. Hal yang dikatakan sebagai kemampuan intelektual manusia adalah karya-karya di bidang ilmu pengetahuan, seni sastra, ataupun teknologi yang memang dilahirkan atau dihasilkan manusia melalui kemampuan intelektual, daya cipta, rasa, dan karsanya. [humasisiska]

isi-surakarta-PENDAMPINGAN-DRAFTING-DESAIN-INDUSTRI-DAN-MEREK-1

isi-surakarta-PENDAMPINGAN-DRAFTING-DESAIN-INDUSTRI-DAN-MEREK-2 isi-surakarta-PENDAMPINGAN-DRAFTING-DESAIN-INDUSTRI-DAN-MEREK-4