Pengembangan Produk Pemanfaatan Ranting Kayu oleh Dosen Desain Interior FSRD ISI Surakarta dipajang dalam Pameran Internasional IL SALONE DEGLI STILI DI VITA Milan Italy.

Pengembangan Produk Pemanfaatan Ranting Kayu oleh Dosen Desain Interior FSRD ISI Surakarta dipajang dalam Pameran Internasional IL SALONE DEGLI STILI DI VITA Milan Italy.

Pameran yang bertema the lifestyle trade fair ini dilaksanakan pada 14 – 17 September 2018 yang meliputi produk accessories, dekorasi dan produk kelengkapan interior lainnya.

HOMI sebagai penyelenggara pameran membagi menjadi beberapa event diantaranya, DA UNO A CENTO untuk area pameran untuk produk baru atau original dan terbatas.

HOMI CREAZIONI diperuntukkan desain untuk kelas premium dari Italia dan perusahaan internasional lainnya yang terpilih.
Industri mebel dan kerajinan Indonesia merupakan salah satu negara peserta pameran bertaraf internasional.

Pameran ini terselenggara berkat kerjasama antara industri mebel dengan KBRI Praha, dimana peserta perwakilan dari Indonesia tersebut sebagai hasil pendampingan oleh Sumarno (Ketua Kegiatan) dan Joko Budiwiyanto (Anggota), dimana keduanya sebagai dosen Prodi Desain Interior FSRD ISI Surakarta dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat DIPA ISI Surakarta tahun 2018 dengan Anindya Furniture sebagai mitra dari Surakarta yang menjadi salah satu peserta pameran perwakilan dari Indonesia yang sudah mengekspor produknya ke berbagai wilayah di Eropa, Arab, Amerika, Australia dan beberapa negara di Asia.

Pameran dimaksudkan untuk meningkatkan produktifitas UKM Mitra yakni melalui desain mebel dan kerajinan, pameran sehingga dapat meningkatkan penjualan produk. Pengembangan produk difokuskan pada pemanfaatan ranting sebagai bahan baku produk mebel dan kerajinan. Pada industri mebel dan kerajinan, ranting umumnya hanya dimanfaatkan sebagai bahan baku pigura, kursi dan sthool.

Nilai inovatif produk hasil pengabdian ini, dimana dapat dijadikan panel sehingga bisa menjadi desain meja, konsul, maupun almari. Pemanfaatan ranting sebagai produk mebel dan kerajinan mungkin sudah lama dan banyak dikembangkan namun demikian bahan baku ranting sebagai panel untuk desain mebel dan kerajinan belum dikembangkan dalam industri kerajinan dan furniture.

Pameran ini berfungsi mendekatkan kajian akademis dengan produk desain agar dipasarkan dan diterima oleh konsumen produk desain interior, khususnya produk mebel dan kerajinan yang bernilai ekonomis tinggi.Pengembangan Produk Pemanfaatan Ranting Kayu oleh Dosen Desain Interior FSRD ISI Surakarta dipajang dalam Pameran Internasional IL SALONE DEGLI STILI DI VITA Milan Italy-1jpg