Pentas Kreativitas Seni ISI Surakarta

isi-surakarta-pentas kreativitas seni-tari toraja

ISI Surakarta telah menyelenggarakan kegiatan Pentas Kreativitas Seni, Himpunan Mahasiswa (HIMA) Fakultas Seni Pertunjukan (FSP) ISI Surakarta. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Minggu, 15 Maret 2014 di Pendopo ISI Surakarta pukul 19.30 WIB.

Gelar Karya mahasiswa Fakultas Seni Pertunjukan bertemakan “Semangat Tradisi” . Sajian yang akan disajikan sebanyak 7 sajian, yakni :

  1. Di Balik Rapuhnya Wanita (Hima Pedalangan & Teater)
  2. Tari Toraja (Hima Tari)
  3. Ritual Bandan Suku Anak Dalam (Hima Teater)
  4. Tari Rempong (Hima tari)
  5. Tari Sinjang (Hima Tari)
  6. Komposisi music ‘Nglungsungi’ kelompok Pacet Melar (Hima Etnomusikologi)
  7. Tari Bajing Loncat (Hima Tari)

Disetiap sajian memiliki arti tersendiri, salah satunya Tari Toraja, Tari Rempong, dan Tari Sinjang.

Tari Toraja

Tarian yang diangkat dari etnik Toraja Sulawesi Selatan ini menceritakan kehidupan masyarakat Toraja yang sangat erat dengan ritual kematian. Dalam ritual kematian selain ada duka tercermin juga rasa kebersamaan atau semangat gotong royong, dimana permasalahan yang muncul dalam persoalan ritual maupun keseharian selalu bisa diselesaikan dengan cara musyawarah dalam kebersamaan.

Tari rempong

Tarian tentang sekelompok nenek (manula) yang melakukan aktivitas keseharian seperti membatik dan bercengkerama. Mereka dahulu adalah para penari Lengger, sehingga dalam aktivitas keseharian tidak terlepas dari gerak-gerak tari lengger, diiringi dengan calung dan sisipan gerak jenaka, menghadirkan pertunjukan yang segar dan komunikatif.

Tari Sinjang

Sinjang dalam hal ini merupakan singakatan dari ‘sinambi jegang’ istilah orang jawa ketika mengisi waktu luang dengan duduk bersantai sambil menyilangkan kaki. Para perempuan jawa diwaktu lampau seringkali mengisi waktu luangnya dengan membuat batik, sehingga mereka cukup bangga dengan mengenakan batik sebagai indentitasnya sebagai orang jawa, baik mereka yang berada dikalangan ningrat maupun rakyat. Sinjang (kain batik) dari dahulu, sekarang hingga masa yang akan datang akan tetap terkenang.

Soemaryatmi, S.Kar.,M.Hum selaku Dekan Fakultas Seni Pertunjukan mengatakan, “untuk kedepan mungkin akan kolaborasi antara mahasiswa fakultas seni pertunjukan dengan fakultas seni rupa dan desain. Supaya ada warna baru, ada inovasi, kreativitas yang itu kita harapkan. Dan ucapan terima kasih kepada selaku ketua panita dan seluruh panitia yang didukung oleh semua HIMA yang ada di fakultas seni pertunjukan”. (news by Anggun 16/03/15)

 

isi-surakarta-pentas kreativitas seni-tari toraja

Tari Toraja (Hima Tari). (Foto: Esha)

isi-surakarta-pentas kreativitas seni-tari sinjang

Tari Sinjang (Hima Tari). (Foto: Esha)

isi-surakarta-pentas kreativitas seni-tari rempong

Tari Rempong (Hima tari). (Foto: Esha)

isi-surakarta-pentas kreativitas seni-komposisi music

Komposisi music ‘Nglungsungi’ kelompok Pacet Melar (Hima Etnomusikologi)

(Foto: Esha)