Pokja Kewirausahaan ISI Surakarta Adakan Roadtrip Cultural Entrepreneurship

A77B98A5-8703-46CC-A259-B2DD3B6C418E

Entrepreneurship merupakan program yang dikembangkan untuk menuju Indonesia Maju, salah satunya melalui Program Mahasiswa Wirausaha. Program ini memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan sikap wirausaha (entrepreneurship) berbasis ipteks kepada para mahasiswa agar mengubah pola pikir (mindset) dari pencari kerja (job seeker) menjadi pencipta lapangan pekerjaan (job creator) serta menjadi calon pengusaha yang tangguh dan sukses menghadapi persaingan global. 

Pada akhirnya diharapkan terjadi penurunan pengangguran lulusan pendidikan tinggi. Untuk mendorong tercapainya tujuan tersebut Pokja kewirausahaan ISI Surakarta bekerja sama dengan Goethe Institute, serta melibatkan 31 mahasiswa yang lolos seleksi penerima dana hibah dari Program Mahasiswa Wirausaha DIPA ISI Surakarta, mengadakan road trip ke beberapa tempat untuk melihat ruang budaya, serta bertemu wirausaha bisnis kreatif yg bisa menjadi referensi dan menginspirasi ide bagi mahasiswa untuk mengembangkan serta menjalankan usaha yang telah ditentukan, Selasa (23/7). 

Adapun tujuan kunjungan pelaku usaha kreatif di sekitar Solo yang yaitu; 1) Batik Soul Guitars, Ngenden, Talang, Babaran, Sukoharjo, berdiskusi dengan Guruh Sandi Utomo; 2) Salawase bags, klodran, Karanganganyar (tas kulit), berdiskusi dengan Mamo kadaryatmo Dan Suyanni; 3) Dapur Saffron Resto & meatshop, Di jl. Ronggowarsito, KP. Baru (kuliner) untuk berdiskusi Chef Robby Putranto; dan 4) Rempah Rumah Karya, Paulan kulon, Colomadu, berdiskusi dengan Paulus Mintaraga.

Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa mendapatkan pengetahuan, pengalaman, dan pelajaran tentang cultural entrepreneurship serta menginspirasi untuk dapat mengembangkan model bisnis yang tepat. [humasisiska]

5ACF4424-F45E-4FD8-BDF7-BF01F1A3ECD3