Prodi DKV dan Prodi Batik FSRD “Mengajar” di SMA Negeri 1 Pacet Mojokerto-Jawa Timur

isi-surakarta-program-studi-desain-komunikasi-visual-dan-program-studi-batik-3

Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ISI Surakarta meningkatkan kerjasama dengan SMAN 1 Pacet Mojokerto melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat sebagai upaya untuk memberikan ketrampilan ataupun pengetahuan yang diperlukan sekolah sebagai wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Khusus di bidang seni dan desain, prodi. DKV dan prodi. Batik FSRD ISI Surakarta, telah melaksaksanakan kegiatan dengan memberikan pengajaran bidang komputer grafis dan seni membatik. Kegiatan ini dilaksanakan dengan kurang lebih 5 kali tatap muka diikuti oleh 8 kelas khususnya kelas 2 SMANegeri 1 Pacet Mojokerto.

Setiap tatap muka pembelajaran ini diampu oleh 2 (dua) orang dosen dan 2 (orang mahasiswa). Kegiatan pelaksanaan pelatihan ini dipimpin oleh Pembantu Dekan II yang sekaligusdosen Prodi Batikyaitu Drs. Muh. Arif Jati Purnaomo, M.Sn., Basnendar Heryprilosadoso, M.Ds. (Ketua Prodi. DKV) dan Veronika Putri Laksmi, M.Sn (ketua Prodi. Batik).Dosen lain yang terlibat adalah Agus Sutejo S.Sn, Dra FP Sri Wuryani M.Sn, dan Anton Rosanto S.Sn serta beberapa mahasiswa sebagai asisten. Selain itu guru sekolah juga menjadi team teaching dalam program tersebut, sehingga terjadi transfer ilmu dari kampus ke sekolah serta memperkaya materi ajar dan modul pembelajaran sekolah.

Pembelajaran yang dilaksanakan mampu memberikan animo yang cukup bagus bagi siswa-siswi. Untuk pelaksanaan pembelajaranbidang komputer grafis, peserta didik dilatih dengan materi dasar-dasar DKV, komputer grafis dasar, desain logo, tipografi dan packaging.  Setelah pembelajaran selesai maka kegiatan perancangan logo ini akan dipamerkan dan diaplikasikan dalam sebuah desain packaging (kemasan).

Teknik membatik menjadi salah satu materi pelatihan juga tidak kalah menariknya. Antusiasme siswa-siswi ini memberikan semangat baru untuk lebih melestarikan motif lokal khususnya yang ada di Mojokerto. Bagi siswa siswi, membatik adalah hal yang sangat baru baru bagi mereka. Merekasangat senang dapat  menyelesaikan batiknya dan memberi warna naptol yang telah disediakan, meskipun saat pertama mereka memegang canting pada sebuah kain cukup kesulitan.  Pada akhir pembelajaran diadakan pemeran bersama atas karya batik dan desian logo dan diberikan reward bagi karya terbaik, yang berakhir pada tanggal 30 Mei 2016.(*hnd)

isi-surakarta-program-studi-desain-komunikasi-visual-dan-program-studi-batik-1Penerimaan kunjungan SMAN 1 Pacet di FSRD

isi-surakarta-program-studi-desain-komunikasi-visual-dan-program-studi-batik-2Penyambutan tim dosen-mahasiswa oleh sekolah