Seminar Etnomusikologi di Manila

isi-surakarta-seminar di manila-1

Pada tanggal  13 Oktober 2014 Prof. Santosa, Ph.D. (dosen etnomusikologi ISI Surakarta) berangkat ke Manila untuk menjadi pembicara dalam Seminar Etnomusikologi di College of Music, University of the Philippines (UP) Diliman, Manila, Philipina. Seminar ini diselenggarakan tanggal 14 – 16 Oktober 2014 di Balay Kanilaw, sebuah gedung pertemuan yang terletak di tengah kampus. Tema seminar yang dipilih adalah “Preservation Music Heritage in Asia.” Dalam seminar tersebut Prof. Santosa mempresentasikan makalah berjudul “Center for World Music at ISI Surakarta: Problems and Policies” yang dibacakan pada tanggal 15 Oktober 2014, dalam sesi “Music Sources as Documents of Cultural History” di siang hari. Di dalam sesi itu Prof. Santosa menyampaikan bagaimana sulitnya membuat kategori tentang musik khususnya ketika menghadapi rekaman komersial. Masalah yang muncul adalah terbatasnya informasi dalam produksi rekaman tersebut yang membuat pustakawan tidak mudah membuat kategori musik. Padahal, data-data tersebut sangat dibutuhkan oleh para peneliti sebagai data awal untuk membuat analisis tentang musik.

Seminar etnomusikologi tahun ini, yang diselenggarakan bersamaan dengan rapat forum komunikasi music Asia “Laon-Laon,” dihadiri oleh para pakar dari Asia seperti Singapore, Thailand, Indonesia, Philippines, Taiwan, Jepang, dan Hongkong. Hadir pula dua tokoh etnomusikolog dari luar Asia, William Summers (Darmouth College, USA), dan Klaus Kiel (Repertoire International des Source Musicales, RISM, Jerman). Kedua tokoh tersebut diundang untuk melengkapi dan memperluas pembahasan tentang musik. William Summers mempresentasikan tentang sumber-sumber informasi teater di Manila dari tahun 1848 sampai tahun 1898. Sedangkan Klaus Kiel membicarakan tentang prosedur penggunaan RISM sebagai sumber penelitian musik. Sebagai keynote speaker ditunjuk Philip Yampolsky, seorang etnomusikolog dari Amerika Serikat.

Di samping berbicara dalam kegiatan seminar Prof. Santosa juga telah merintis kerjasama antara ISI Surakarta dengan College of Music UP dan telah mencapai kesepakatan untuk menyelenggarakan program-program: joint research, pertukaran bahan pembelajaran, pelaksanaan seminar dan workshop, serta pertukaran dosen dan mahasiswa. Memorandum of Understanding (MoU) telah ditandatangi oleh Dekan College of Music UP Dr. Jose S. Buencosejo dan segera akan ditandatangi oleh Rektor ISI Surakarta. Program-program ini tinggal menunggu pelaksanaan dari kedua belah pihak. Dosen, peneliti, dan mahasiswa ISI Surakarta diharapkan aktif mempersiapkan diri untuk berpartisipasi dalam program-program yang ada. Diharapkan agar dengan melaksanakan program-program tersebut ISI Surakarta dapat mempercepat cita-citanya untuk “menuju ke World Class University” yang dicita-citaka selama ini.(new by Prof. Santosa, Ph.D 20/10/14)

isi-surakarta-seminar di manila-1

Prof. Santosa, Ph.D sedang mempresentasikan makalah dalam seminar etnomusikologi

di UP Manila, tanggal 15 Oktober 2014 (Foto: Anak Charanyananda).

 

isi-surakarta-seminar di manila-2

Prof. Ramon Santos (UP Manila) sedang menanggapi makalah Prof. Santosa, Ph.D

(Foto: Anak Charanyananda).

 

isi-surakarta-seminar di manila-3

Foto bersama para pembicara dalam Seminar Etnomusikologi di Manila, 14-16 Oktober 2014

(Foto: Tim Laon-Laon)