Siswa-siswi Tunarungu-Wicara se Eks-Karesidenan Surakarta Menari dengan Lincah

isi-surakarta-pentas-seni-tari-siswa-siswi-tunarungu-tunawicara-(1)

Pentas seni tari bertajuk “Menari Tanpa Bunyi” yang dilaksanakan pada hari Jum’at, 26 Agustus 2016 di Teater Kecil ISI Surakarta, merupakan pementasan bentuk eksperimen kelengkapan data penyusunan tesis. “Menari Tanpa Bunyi “ kalimat itu muncul karena dirasa bahwa penyaji dari pementasan adalah siswa tunarungu-wicara yang tidak bisa mendengar atau berbicara.

Penyelenggaraan seni  tari yang  mewadai siswa Tunarungu-wicara se Eks-Karesidenan Surakarta untuk menyajikan repertoar tari tradisi atau kreasi. Awal Gagasan dari penyelenggaraan tersebut yaitu muncul dari permintaan dosen pembimbing Tesis untuk melakukan eksperimen untuk kali ke dua kepada anak tunarungu-wicara untuk dipentaskan menggunakan iringan music gamelan langsung. Dalam penyelenggaraan tersebut , sajian tari yang akan dipentaskan adalah sebagai berikut:

  1. SLB B YPSLB Gemolong Sragen menyajikan tari Merak dengan iringan gamelan langsung
  2. SLB B-C YPCM Boyolali menyajikan tari Manipuri dengan iringan gamelan langsung
  3. SLB Negeri Surakarta menyajikan tari kreasi Senggolan dengan iringan kaset
  4. SLB B-C Hamong Putro, Jombor, Bendosari, Sukoharjo menyajikan tari kreasi Kebo Kinul dengan iringan kaset

Retno Utari mahasiswi pascasarjana selaku penyelenggara mengatakan, “berharap bisa mewadai siswa tunarungu untuk menunjukan kemampuan dalam seni tari kepada masyarakat, melatih mental anak, Menjalin out put yang positif, serta meningkatkan eksistensi siswa dan guru dalam berkesenian. Harapan jangka panjang dari penyelenggaraan pentas tersebut yaitu dari adanya bentuk kerjasama Sekolah Luar Biasa dengan Institut Seni Indonesia Surakarta merupakan bentuk perhatian yang nantinya bisa menjadi satu agenda rutin untuk media pementasan anak tunarungu-wicara”.

isi-surakarta-pentas-seni-tari-siswa-siswi-tunarungu-tunawicara-pemberian-selamat-oleh-rektorProf.Dr. Sri Rochana. W, S. Kar., M. Hum selaku Rektor ISI Surakarta

bersalaman dengan peserta pentas diatas panggung Teater Kecil ISI Surakarta. (ft:hru)

isi-surakarta-mahasiswi-pascasarjana-retnoutari-penyelenggara-pentas-seni-tari-tunarungu-tunawicar

Retno Utari mahasiswi Pascasarjana ISI Surakarta sekaligus penyelenggara Pentas Seni Tari

Siswa-siswi Tunarungu-Wicara se Eks-Karesidenan Surakarta.