SMA N 1 Surakarta belajar Batik dan Wayang Beber

isi-surakarta-SMA-N-1-Surakarta-belajar-Batik-dan-Wayang-Beber-6

Sebanyak 56 siswa SMA Negeri 1 Kota Surakarta perwakilan dari kelas X, XI, dan XII dengan didampingi 11 oran guru belajar membatik dan menggambar wayang beber di Institut Seni Indonesia Surakarta, Kamis (25/10).

Kegiatan ini sebagai rangkaian dari sejumlah kegiatan lain seperti workshop SPMI, Pengembangan RPP, workshop penyusunan naskah dan aplikasi e-modul, juga kegiatan literasi sekolah seperti lomba cipta dan baca puisi. Sejumlah kegiatan tersebut dilaksanakan, karena SMA Negeri 1 Surakarta tahun pelajaran 2018/2019 ini ditunjuk sebagai Sekolah Rujukan.

Workshop batik dilaksanakan di laboratorium batik program studi batik ISI Surakarta dipandu langsung oleh dosen Prodi Batik Dra. FP Wuryani, M.Sn. dan Agung Cahyana, ST., M.Eng. Sementara workshop menggambar wayang beber dipandu langsung oleh Kajur Kriya Seni Sutriyanto, S.Sn., MA dan dibantu laboran, Sutopo, S.Sn.

Tidak hanya para siswa yang belajar membatik maupun menggambar wayang beber, bahkan para guru pendamping juga antusias mengikuti workshop tersebut.

Setelah sesi pengantar dari ISI Surakarta dan Jurusan Kriya Seni FSRD ISI Surakarta, rombongan dibagi menjadi dua kelas, batik dan wayang beber. Sesi selanjutnya dipaparkan berbagai sejarah dan pengetahuan seputar batik juga wayang beber. Acara kemudian dilanjutkan dengan praktik membatik dan menggambar wayang beber. [humasisiska]

isi-surakarta-SMA-N-1-Surakarta-belajar-Batik-dan-Wayang-Beber-1

isi-surakarta-SMA-N-1-Surakarta-belajar-Batik-dan-Wayang-Beber-2

isi-surakarta-SMA-N-1-Surakarta-belajar-Batik-dan-Wayang-Beber-3

isi-surakarta-SMA-N-1-Surakarta-belajar-Batik-dan-Wayang-Beber-4

isi-surakarta-SMA-N-1-Surakarta-belajar-Batik-dan-Wayang-Beber-5