SMPIT Karanganyar mengikuti Workshop Keramik dan Batik di ISI Surakarta

isi-surakarta-SMPIT-Karanganyar-mengikuti-Workshop-Keramik-dan-Batik-2

Siswa-siswi SMPIT Insan Kamil Karanganyar kembali mengunjungi ISI Surakarta untuk melakukan Kegiatan Out Class Jenjang Kelas berupa workshop keramik dan batik di Balai Ekspresi Raden Sungging Prabangkara dan di Studio Batik Gedung III Jurusan Kriya Fakultas Seni Rupa dan Desain FSRD Kampus Mojosongo ISI Surakarta (12/03/2020). Sebanyak 108 Siswa kelas VIII mengikuti Workshop Keramik yang dipandu oleh Prima Yustana, S.Sn., M.A. dosen yang juga pemilik studio Dolanan Keramik di Sukoharjo sementara untuk 115 siswa lainnya kelas VII mengikuti workshop Batik yang dipandu oleh Aan Sudarwanto, S.Sn., M.Sn. dan Rahayu Adi Prabowo, S.Sn., M.Sn.

Didampingi oleh 12 orang guru, kunjungan ini bertujuan untuk mengenal dan belajar langsung di kampus ISI Surakarta sebagai bahan pembelajaran bagi siswa khususnya yang mempunyai minat dan bakat tentang seni agar lebih mengenal dunianya dan memperkaya pilihan jalur studi lanjutan untuk mewujudkan cita-citanya. Sebelum workshop berlangsung siswa dikenalkan tentang sejarah dan berbagai teknik pembuatan keramik maupun batik dan inovasi yang dikembangkan di kampus selama ini.

Dijelaskan salah satu teknik yang akan dilakukan dalam pembuatan keramik adalah teknik pilin (coiling) salah satu teknik dalam pembuatan gerabah / keramik dengan cara membentuk tanah liat dengan bentuk dasar tanah liat yang dipilin atau dibentuk seperti tali yang dilakukan dengan cara manual, kemudian disusun secara bertahap satu demi satu sesuai bentuk atau fungsi yang diharapkan. Sedangkan teknik batik yang di praktekkan adalah canting dengan malam, teknik cap, proses pewarnaan dengan coletan sampai tahapan pelunturan malam dan proses pengeringan.[humasisiska]