Ujian Doktor Program Pascasarjana, Penciptaan Seni Teater

isi-surakarta-ujian-karya-seni-dan-ujian-terbuka-promosi-doktor-penciptaan-teater-(1)

Yusil Mahasiswa Program Doktor Program Pascasarjana ISI Surakarta telah melangsungkan ujian karya seni (Penciptaaan Seni Teater), untuk memperoleh gelar doktor menggangkat judul “Rumah dalam Diri” yang dipentaskan pada hari Senin, 16 Mei 2016 pukul 19.30 WIB di Teater Besar ISI Surakarta. Ini merupakan ujian penciptaan seni yang kedua di Program Pascasarjana ISI Surakarta. Yusril adalah seorang dosen penyutradaraan di Program Seni Teater ISI Padangpanjang, Sutradara di Komunitas Seni Hitam-Putih. Beliau juga seorang sastrawan, budayawan, dan seniman teater Sumatera Barat.

Rumah dalam diri merupakan konsep berpikir tentang manusia, rumah dalam diri bercirikan pertama adalah selalu melihat cara manusia berada dan eksistensi sendiri di sini diartikan secara dinamis sehingga tidak ada unsure berbuat dan menjadi. Dan yang kedua adalah manusia dipandang sebagai suatu realitas yang terbuka dan belum selesai serta didasari dari pengalaman yang konkret atau empiris yang kita kenal.

Rumah dalam diri adalah memusatkan semua hal kepada manusia dan mengembalikan semua masalah apapun ujung-ujungnya asalah manusia sebagai subjek atau objek dari masalah tersebut. Garapan rumah dalam diri dengan menekankan pada cara pandang manusia sebagai objek hidup yang memiliki taraf yang tinggi, dan keberadaan dari manusia ditentukan dengan dirinya sendiri bukan melalui rekan atau kerabatnya, serta berpandangan bahwa manusia adalah satu-satunya makhluk hidup yang dapat eksis dengan apapun disekelilingnya karena manusia di sini dikaruniai sebuah organ urgen yang tidak dimiliki oleh makhluk hidup lainnya, sehingga pada akhirnya mereka dapat menempatkan dirinya sesuai dengan keadaan dan selalu eksis dalam hidupnya dengan organ yang luar biasa hebat tersebut.

isi-surakarta-ujian-karya-seni-dan-ujian-terbuka-promosi-doktor-penciptaan-teater-(2)

“Rumah dalam Diri” ujian karya seni (Penciptaaan Seni Teater) oleh Yusil Mahasiswa Program Doktor Program Pascasarjana ISI Surakarta di Teater Besar.