Wayang Kautaman Pentaskan Smaratapa

isi-surakarta-Wayang-Kautaman-Smaratapa

Ramayana by Wayang Kautaman

Wayang Kautaman Jakarta menggelar pertunjukan wayang orang di Teater Besar ISI Surakarta Jumat 19 Oktober 2018, mulai pukul 19.30 WIB. SMARATAPA adalah karya tahunan setelah sebelumnya Yudakala Tresna (2015), Sotya Gandhewa (2016) dan Abimanyu Mandira Sungsang (2017)

SMARATAPA, sebuah tafsir atas epos Ramayana yang mengisahkan penculikan Sinta oleh Dasamuka di Hutan Dandaka serta perjuangan Ramawijaya untuk membebaskan Sinta. Atas nama cinta, Rama menyerbu Alengka. Benarkah Dasamuka menculik Sinta atas dasar cinta yang sama? Bagaimana dengan yang lain Anoman, Sugriwa? Di lain pihak, Kumbakarna, Prahasta dan barisan raksasa, cinta seperti apa yang membuat mereka tergerak hingga pecah perang besar itu. Cinta sungguh rumit, laku tapa dalam wajah yang berupa-rupa.

Sutradara Nanang Hape dan Produser Ira Surono akan menampilkan para pemain antara lain; Ali Marsudi, Achmad Dipoyono, Fitria Trina Murti, Wasi Bantolo, Wahyu Santoso Prabowo, Yudi Barata dan yang lainnya sebagai bagian dari civitas akademika maupun alumni ISI Surakarta.

SMARATAPA juga melibatkan 27 penari anak. Ki Blacius Subono (Penata Gending), Penata Tari Achmad Dipoyono dan Wahyu Sapto Pamungkas. Lini dari pertunjukan yang akan ditata secara maksimal dari pentas ini, artistik oleh Sugeng Yeah. Eksplorasi lighting dan multimedia dipadukan agar terbangun ruang sesuai dengan konsep pertunjukan. Penata Busana oleh Ali Marsudi. Purwo Aji (penata suara), sedangkan penata rias oleh Surip Handayani Barata dan kawan kawan.[humasisiska]

CP: Pradnya Paramita (08161172236)

Fb: Wayang kautaman IG: @wayangkautaman Youtube: Wayang kautaman

e: wo.kautaman@gmail.com