Deskripsi Program Studi

Program Studi S-1 Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Seni Rupa dan Desain sebagai pusat unggulan kreativitas dan keilmuan untuk membentuk insan yang mandiri, cerdas, kreatif, kompetitif, dan berkarakter melalui pembelajaran yang mengkolaborasikan proses perancangan dan pengkajian desain serta aplikasinya dalam berbagai media baik melalui perangkat teknologi digital maupun manual untuk mewujudkan produk industri kreatif di bidang desain komunikasi visual dengan mendasarkan pada karakter budaya nusantara.

Gelar Akademik

S.Sn (Sarjana Seni)

Profil Lulusan

Lulusan Program Studi Desain Komunikasi Visual dapat berperan sebagai :

  1. Desainer Iklan, sebagai tenaga ahli perancang iklan yang memiliki kemampuan menuangkan ide dan konsep desain dengan menyusun strategi perancangan (memilih, mengatur, menciptakan) bentuk komunikasi persuasif melalui media komunikasi visual (cetak, audio, audio visual) secara kreatif baik manual maupun digital serta mampu mengembangkan kemampuan dari sisi konseptual, praktis, maupun pengembangan kewirausahaan.
  2. Peneliti (pengkaji) Iklan, sebagai peneliti yang akan mencakup pengamatan, deskripsi, interpretasi, analisis, dan evaluasi beragam fenomena desain komunikasi visual yang diwujudkan dalam bentuk karya ilmiah berdasarkan kaidah keilmiahan.
  3. Perancang Grafis, sebagai tenaga kreatif yang memiliki kemampuan untuk menjalankan strategi perancangan (memilih, mengatur, menciptakan) elemen rupa (ilustrasi, foto, tulisan, bentuk dan garis) melalui media komunikasi visual (cetak, audio, audio visual) sesuai dengan tujuan untuk diproduduksi dan dikomunikasikan sebagai pesan serta mampu mengembangkan kemampuan dari sisi konseptual, praktis, maupun pengembangan kewirausahaan, dan
  4. Perancang Multimedia Interaktif (Animasi), menjadi tenaga kreatif yang memiliki kemampuan untuk menyusun strategi kreatif dalam produksi multimedia interaktif (animasi) melalui proses perancangan (memilih, mengatur, menciptakan) gambar bergerak melalui teknik gambar tangan (manual) ataupun digital (komputer) untuk mendukung karya tertentu (film, iklan, gama dan media interaktif) serta mampu mengembangkan kemampuan dari sisi konseptual, praktis, maupun pengembangan kewirausahaan.

Capaian Pembelajaran

Pembelajaran dirancang untuk mencapai kemampuan antara lain :

  1. Menguasai ketrampilan dan kepekaan mengolah unsur rupa atau desain dengan mempertimbangkan prinsip desain pada media perancangan visual.
  2. Mampu menciptakan materi periklanan dengan prinsip lokal konten secara manual dan digital.
  3. Menguasai metode, teorim sistematika penelitian desain komunikasi visual.
  4. Mampu mengoperasikan perangkat teknologi digital untuk mendukung aplikasi karya desain komunikasi visual.
  5. Mampu mengolah huruf/tipografi secara manual dan digital.
  6. Mampu merancang media komunikasi visual dengan dukungan ketrampilan menggambar secara manual maupun dengan teknologi digital.
  7. Mengaplikasikan teori, unsur dan prinsip dasar desain komunikasi visual.
  8. Menguasai prinsip tahapan perancangan desain komunikasi visual dan aplikasinya dalam berbagai media.
  9. Menguasai prinsip manajemen proyek dan penyusun dokumen rancangan desain komunikasi visual.
  10. Mampu mengawasi produsksi industri dengan komunikasi visual.
  11. Menguasai mekanisme dan tata kerja industri bidang desain komunikasi visual.
  12. Mampu mengendalikan mutu produk desain komunikasi visual.
  13. Memahami nilai-nilai bangsa.
  14. Mampu bekerjasama.
  15. Mampu berwirausaha bidang desain komunikasi visual,
  16. Menguasai teknik presentasi.
  17. Menguasai teknik gelar karya seni dan produk desain komunikasi visual.
  18. Mampu mengawasi proses reproduksi grafika.
  19. Menguasai mekanisme dan tata kerja industri bidang desain multimedia interaktif (animasi dan web desain).
  20. Menguasai mekanisme dan tata kerja industri bidang fotografi dan videografi iklan.
  21. Menguasai mekanisme dan tata kerja industri bidang desain grafis.

#Ayo Kuliah Seni di ISI Surakarta