Mahasiswa Prodi Film dan Televisi meraih Juara I Lomba Iklan Layanan Masyarakat dalam rangka HUT Bhayangkara ke-76 yang diumumkan melalui akun youtube Official Chanel Siber TV pada Jumat, (1/7/2022).
Alda Melina Yuliarosa (Prodi FTV 2018), yang merupakan produser pada video Iklan Layanan Masyarakat berjudul “SEMPROT”, mengaku senang atas kemenangan tersebut, sebagai mahasiswa Prodi. Film dan Televisi Institut Seni Indonesia Surakarta, berharap kemenangan tersebut menjadi momentum bagi mahasiswa lainnya untuk terus berkarya sesuai bidangnya.
Video ILM berjudul “SEMPROT” ini digarap oleh crew yang sangat minim. ILM ini disutradari oleh Riza Budi Utomo (Alumni Prodi FTV 2009), naskah ditulis oleh Yosua Putra Wisena (Prodi FTV 2017), Ardho Kalis (Prodi FTV 2017) sebagai penata kamera, dan Zanuar Ali (Prodi FTV 2017) sebagai penata artistik. Adapun pemeran dalam karya ILM ini yaitu Daniel Andhika Morgana (Prodi FTV 2018), Bima Nugraha (Prodi FTV 2019) dan juga melibatkan mahasiswa lintas prodi. Ega Yuanita Santoso (Prodi Seni Tari 2019).
ILM “SEMPROT” diangkat dari kasus yang marak terjadi belakangan ini, yaitu tentang penipuan online dan investasi bodong. Karya ILM ini disajikan dengan kisah seorang gadis yang ingin bertemu pacar online-nya. Gadis tersebut sangat senang ketika bertemu pacar online-nya, namun disisi lain, Ia mengungkap kebohongan yang selama ini disembunyikan dari pacar online-nya. Konten ILM ini dikemas secara romantis dan dibalut dengan komedi segar dan ringan, namun tetap sarat akan pesan dan makna.
“Selaku salah satu dosen Prodi. FTV ISI Surakarta, saya pribadi sangat bangga luar biasa dengan pencapain teman-teman mahasiswa ISI Surakarta ini, semoga terus menginspirasi dan berkolaborasi dengan mahasiswa lainnya untuk selalu bisa bersaing dan berprestasi membawa kebanggan almamaternya.” Tambah N.R.A. Candra Dwi Atmaja, S.Sn., M.Sn.
Sebagai apresiasi dari penyelenggara lomba, para pemenang dalam lomba ini berhak mendapatkan hadiah berula piala, sertifikat, dan uang tunai. Selanjutnya, karya ILM dari pemenang Lomba Iklan Layanan Masyaraat ini nantinya akan digunakan oleh pihak penyelenggara sebagai media kampanye kreatif kepada masyarakat luas. [NRA/DAM]



